CDCC UNTIRTA

Career Development Center & Counseling
Friday, 21 Jun 2024

Profil 

Career Development Center & Counseling (CDCC)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa



Berdasarkan dengan SK Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa No 181/UN43/KPT.TP.01.00/2020 lahirlah Korpus Pengembangan Karir, Tracer Study, Penguatan Jaringan Alumni yang berada di bawah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Korpus ini bertugas menjalankan program kerja yang berkaitan dengan Pengembangan Karir alumni atau calon alumni, pelaksanaan Tracer Study dan Penguatan Jaringan Alumni. Dikuatkan juga dengan disahkannya Buku Pedoman Bidang kemahasiswaan tahun 2020 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, bahwa perlu adanya unit yang mengelola pengembangan karir dari calon alumni maupun alumni.

Pada setiap periode pendataan alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dilakukan dalam bentuk Tracer Study. Tracer Study yang dilakukan ini bertujuan untuk menelusuri jejak alumni sebagai bahan penyiapan dokumen akreditasi dan sebagai bahan evaluasi tingkat keberhasilan lulusan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil dari Tracer Study digunakan untuk memotret lulusan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam berperan di masyarakat terkait kesesuaian kompetensi yang dimuliki.

Korpus Pengembangan Karir, Tracer Study, Penguatan Jaringan Alumni LP3M Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam kutipan pedoman Bidang Kemahasiswaan tahun 2020 juga sekaligus sebagai Koordinator Career Development Centre & Counseling (CDCC) tingkat Universitas. CDCC bertugas menjalankan kegiatan pengembangan karir di tingkat universitas.

CDCC lahir berdasarkan SK Rektor No 843/UN43/KPT.WA.01.04/2020. CDC tingkat fakultas pada tiap aktivitas kerjanya harus berkoordinasi dengan CDCC tingkat universitas sebagai bagian dari hirarki vertikal yang tidak terpisahkan. Kegiatan dengan melibatkan minimal 2 Fakultas dikoordinir oleh CDCC Tingkat Universitas. Mekanisme pelaporan dan evaluasi kinerja CDC tingkat Fakultas diatur sepenuhnya oleh CDCC tingkat universitas.

Untuk mengoptimalkan kinerja pusat karir (tingkat Universitas dan Fakultas) diperlukan satu sistem (website) yang dapat diakses oleh seluruh pengelola Universitas dan Fakultas dengan tetap mempertimbangkan peran dan fungsinya. Tujuan dibentuknya satu sistem ini adalah untuk memudahkan dalam monitoring, pengembangan dan evaluasi kinerja secara menyeluruh (holistik), manfaat lain berupa kemudahan dalam penyampaian informasi, para alumni dapat mengkases memalui satu sistem resmi.

Di tiap Jurusan/Program Studi terdapat 1 (satu) orang yang ditugaskan sebagai Pengelola Tracer Study (Enumerator) karena khusus pelaksanaan Tracer Study ini dilakukan pada tingkat jurusan/program studi.